Intel Komputer Mini “Compute Stick”, Komputer Masuk Saku

intel.web_.576.324Satu perangkat unik, atau lebih tepatnya komputer unik, diperkenalkan oleh sang raksasa chip dunia, Intel, di CES 2015 yang tengah berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Perangkat tersebut merupakan komputer mini dengan ukuran hanya sebesar dua jari orang dewasa dan dilengkapi prosesor generasi baru dari Intel. Sejauh ini, Intel menyebut perangkat tersebut dengan sebutan Compute Stick.

Bentuk dari Compute Stick ini bisa dikatakan menyerupai sebuah flash disk lawas, hanya saja dengan interface HDMI. Perangkat tersebut dapat ditancapkan ke sebuah perangkat display yang mendukung input HDMI dan dapat digunakan layaknya sebuah komputer biasa. Compute Stick tersebut diperkuat prosesor Atom Bay Trail quad core, RAM 2 GB, serta storage eMMC 32 GB.

Untuk ekspansi, Compute Stick tersebut dilengkapi dengan satu port USB 2.0 dan slot MicroSD untuk tambahan kapasitas storage. Perangkat ini mengambil daya dari port Micro USB yang ada dan pengguna bisa menggunakan charger smartphone Micro USB pada umumnya untuk menyuplai daya perangkat ini. Intel juga menyediakan konektivitas nirkabel Wireless B/G/N dan Bluetooth 4.0.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Intel, Compute Stick ini akan dirilis di tahun 2015 ini dan dipasarkan dalam dua varian, dengan OS Windows 8.1 atau Ubuntu. Varian dengan Windows 8.1 akan dipasarkan seharga US$ 149. Sementara varian dengan Ubuntu akan dilengkapi dengan RAM hanya 1 GB dan storage hanya 8 GB serta dipasarkan di harga US$ 89 saja!

Posting Komentar

0 Komentar